Sabtu, 03 Desember 2016

Tugas Iklan


IKLAN
( oleh Ammar Galih)


A.  Pengertian
Iklan adalah promosi atau pemberitahuan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa baik online maupun ofline. Media yang digunakan, antara lain televisi, radio, koran, majalah, internet,hp,poster, pamflet, brosur, spanduk dan sebagainya.

B. jenis-jenis iklan
     Jenis-jenis iklan sangat bayak salah satunya adalah iklan berdasarkan tujuannya, yaitu sebagai berikut:
1)    Iklan Komersial/niaga adalah Iklan yang bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Iklan ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu iklan taktis dan iklan strategis.
2)    Iklan strategis adalah iklan yang membangun merk dagang.
3)    Iklan perusahaan adalah iklan yang bertujuan untuk membangun citra perusahaan yang berujung pada membangun citra produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan teersebut agar dibeli.
4)    Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mangajak atau menghimbau untuk tidak atau melakukan sesuatu.

Berikut adalah contoh iklan layanan masyakarakat :
 
Iklan layanan masyarakat

     Makna dari iklan :
              Bumi yang semakin lama semakin parah keadaannya tentu sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Hal tersebut sebagian besar merupakan ulah dari manusia sendiri. Menengok kesadaran masyarakat Indonesia yang masih sangat rendah akan lingkungannya membuat manusia akan dengan mudah berperilaku buruk terhadap bumi ini. Terutama dalam hal membuang sampah, dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, serta beraktivitas tentu akan menghasilkan sampah atau limbah yang oleh sebgain masyarakat akan dibuang begitu saja di bumi. Akibatnya bumi menjadi semakin kotor dimana bumi yang kotor akan menjadi tempat bakteri dan kuman berkembang biak dengan cepat sehingga akan membuat lingkungan tidak sehat. Lingkungan yang tidak sehat tentu akan menyebabkan manusia mudah terserang penyakit sehingga akan menurunkan kualitas hidup manusia.
              Iklan tersebut dimaksudkan atau bertujuan untuk menumbuhkan kesadraan masyarakat akan pentingnya menjaga bumi dari sampah. Bumi bebas sampah maka hidup manusia menjadi bersih dan sehat. Bumi yang bersih dari sampah akan menciptakan lingkungan yang bersih. Lingkugan yang bersih akan menjadi lingkunganyang sehat pula, dengan lingkungan yang sehat tentu sebagai makhluk yang tinggal dan hidup di bumi akan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang dapat disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Untuk itu marilah kita jaga bumi kita dari sampah.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar